Rss Feed

Mencintai itu…..




Gadis itu bernama Winda, ia murid baru saya di tempat less. Dan hari ini adalah hari pertama kami bertemu. Ia hanyalah seorang gadis remaja biasa dan sebagai anak SMP yang biasa pula. Namun, dari gadis biasa ini ada hal-hal yang diam-diam saya kagumi darinya. Meskipun baru pertama kali bertemu dengannya, saya sudah kagum akan semangatnya untuk belajar bahasa inggris. Bayangkan saja, ia baru saja pulang dari sekolahnya dan belum sempat pulang kerumahnya apalagi makan karena dari sekolahnya ia langsung datang kekursusan untuk belajar. Lalu, tak sedikitpun rasa cape atau pun malas dari matanya, ia tampak begitu senang dan ceria ketika belajar dikelas saya. Hal inilah yang membuat saya senang mengajarnya. Ia mungkin tak terlalu pintar berbicara bahasa inggris, tapi ia cukup mengerti dengan semua yang saya ucapkan dalam bahasa inggris dan selalu senang ketika ia sudah menemukan jawaban atau memahami apa yang saya maksudkan. Lalu ia pun cukup rajin, buktinya latihan soal yang ada di Course Book telah lebih dulu ia kerjakan disekolahnya. Ketika saya tanyakan, ia menjawab dengan begitu simple "abis, tadi disekolah iseng miss, jadi saya kerjain aja deh". Gadis ini benar-benar disiplin, bahkan ia tak ingin membuang-buang waktunya untuk hal-hal yang tak berguna.

Disepanjang pelajaran saya pun memperhatikannya, ternyata gadis remaja ini sedang jatuh cinta dengan teman sekelasnya, ketika saya tanyakan apakah dia sudah jadian dengan temannya itu dia bilang tidak karena menurutnya ia belum mau berpacaran dan lebih ingin berkonsentrasi pada sekolahnya. Ada kata-katanya yang membuat saya berfikir mengenai persepsi mencintai. Dia bilang " aku belum mau pacaran miss, aku lebih senang mencintai saja tanpa harus memiliki, hal ini sudah cukup menyenangkan bagi saya", hal yang membuat saya tak menyangka adalah sikapnya, ia menjawabnya dengan sumringah seolah-olah ia sedang menikmati perasaan cintanya itu, tanpa harus dibalas oleh pria yang disukainya itu.

Terkadang, saya menyadari benar bahwa ketika mencintai seseorang kita terlalu bernafsu untuk memilikinya, dan ketika pria yang kita sukai tak bisa memberikan apa yang kita inginkan kita akan merasa kecewa, bahkan kita bisa saja membenci orang yang sebelumnya kita cintai itu. Saya sering mendengar kata-kata seperti ini: "terkadang mencintai tak harus memiliki", memang benar bahwa cinta yang bertepuk sebelah tangan takkan bisa dipaksakan. Karena bagi saya mencintai itu membiarkan orang yang kita cintai memutuskan sendiri siapa yang ingin dicintainya dan membuat orang yang kita cintai itu merasa nyaman dan senang ketika bersama kita. Seandainya bisa semudah itu mencintai seseorang yang seperti Winda; murid saya lakukan mungkin tak ada lagi yang namanya keterpaksaan dalam mencintai, karena kita membiarkan cinta yang memilih siapa saja yang dicintainya. Namun, ada juga kata-kata yang seperti ini: "cinta itu buta", sehingga terkadang ketika telah terbutakan oleh cinta kita tak lagi menggunakan logika dalam berfikir namun lebih kepada perasaan. Perasaan berkuasa!!! Dan tak dapat dielakkan lagi rasa ingin memiliki pun akan muncul dan ketika tak sesuai dengan yang diharapkan, hatipun akan terluka….

Tapi, apapun bentuk rasa cinta itu tetap saja saat-saat mencintai itu merupakan saat-saat paling membahagiakan, walau bagaimanapun cara pengungkapannya atau pun persepsi tentang mencintai itu sendiri. Jujur, saat ini pun saya sedang jatuh cinta dengan seorang pria, sikap Winda membuat saya merubah persepsi saya tentang konsep mencintai, bahwa mencintai tanpa mengharapkan feed back atau pun tanpa harus memiliki bukan lah hal yang buruk karena kita membiarkan rasa cinta untuk orang yang kita cintai itu bebas untuk mencinta tanpa harus memaksakan pria yang kita cinta membalas cinta kita. Saya rasa melihat pria yang dicinta nyaman dan senang bersama kita jauh lebih mambahagiakan dibandingkan harus memaksanya menjadi apa yang kita inginkan dan membuatnya tak nyaman dengan keterpaksaan bersama kita, sama saja kita menyakiti perasaannya bukan? Let them free to love everyone they have chosen to be loved . Happy loving everybody!!!

0 comments: